Perangkat Jaringan Komputer

Untuk membuat jaringan komputer, tentu saja kita memerlukan perangkat. Perangkat jaringan komputer terbagi menjadi dua kategori, yaitu jaringan kabel (wired network) dan jaringan nirkabel (wireless network). Berikut berapa perangkat jaringan komputer beserta fungsinya.

Modem
Modem
Modem (Modulator Demodulator) merupakan perangkat yang menghubungkan komputer ke internet. Perangkat ini berfungsi mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital. Modem mengganti sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog ketika melewati medium seperti saluran telepon, kemudian modem merubah kembali sinya tersebut menjadi sinya digital saat menuju komputer tujuan.


Kabel Jaringan

Kabel jaringan merupakan perangkat yang berfungsi menghubungkan komputer dengan komputer yang lainnya atau komputer dengan perangkat jaringan. ada beberapa jenis kabel, yaitu:

a. Twisted Pair

Kabel UTP dan Kabel STP
Kabel Twisted pair terbagi manejadi dua, yaitu Unshielded Twisted Pair dan Shielded Twisted Pair.

b. Coaxial


Coaxial
Kabel coaxial adalah jenis kabel yang memiliki dua buah penghantar konduktor berupa kabel solid terbuat dari tembaga sebagai inti, dilapisi sekat isolator dan dililit kembali oleh penghantar berupa kabel serabut yang terbuat dari tembaga atau alumunium sebagai penghantar bagian luar. Kabel coaxial atau kabel koaksial terbungkus oleh isolator elastis yang terbuat dari plastik tahan air. Fungsi kabel coaxial adalah untuk mentransmisikan frekuensi tinggi mulai dari 300 kHz keatas, dan penggunaan kabel ini mempunyai kanal frekuensi yang sangat besar.


c.  Fiber Optic
Fiber Optic
Fiber Optic adalah sebuah teknologi kabel yang menggunakan benang (serat) atau (plastik) mengirimkan data. Kabel Fiber Optic terdiri dari seikat benang kaca,yang masing-masing mampu mentransmisi pesan modulasi ke gelombang cahaya.serat kaca biasanya memiliki diameter 120 mikrometer dengan yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain hingga jarak 50km tanpa menggunakan repeater.sinyal-sinyal gelombang dapat berupa pengkodean komunikasi suara/data komputer.


Konektor
RJ45
ST Connector
BNC/T
Konektor adalah alat yang menghubungkan kabel dengan network adapter. Jenis konektor tentunya disesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan.
  •     Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
  •     Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
  •     Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic


Network Interface Card (NIC)
LAN Card
Network Interface Card juga dekenal dengan istilah Ethernet atau LAN Card. NIC merupakan kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer dengan sebuah jaringan. Umumnya NIC ini sudah terintegrasi dengan motherboard komoputer dan laptop, namun ada juga berupa kartu yang ditancapkan ke motherboard. Bahkan seiring dengan maju perkembangan, ada juga yang berupa USB.
 
HUB
HUB
Hub adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lain. Biasanya digunakan untuk membangun topologi bintang. Berdasarkan jumlah portnya Hub terdiri dari 5 jenis, yaitu:
  •     Hub 5 Port
  •     Hub 8 Port
  •     Hub 16 Port
  •     Hub 24 Port
  •     Hub 32 Port

Switch

Switch
Switch memiliki fungsi yang sama dengan hub. Namun sebenarnya cara kerja switch lebih rumit bila dibandingkan dengan hub. Switch tidak hanya sekedar mengurusi sinyal listrik tapi juga memproses informasi pada lapisan atau layer data link, informasi yang dicek oleh switch adalah alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung dengan dirinya. Switch juga memiliki jenis yang sama dengan hub.

Repeater
Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.


Bridge

Bridge
Fungsi dari bridge sama dengan fungsi repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.


Router

Router
Fungsi utama router adalah sebagai perangkat dalam jarinan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network. Router yang menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya. Sekarang Router sudah dilengkapi dengan Modem atau yang lebih dikenal dengan Modem-Router.



SUMBER:

http://www.pintarkomputer.com/2014/07/macam-macam-perangkat-keras-jaringan-komputer-dan-fungsinya.html
http://just-effry.blogspot.com/2013/12/pengertian-dan-fungsi-kabel.html
https://denisandrea20.wordpress.com/2013/11/16/penjelasan-tentang-fiber-optic-dan-cable-optic/









Nama : Imantoko
NIM : 5140411307 


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.