Pulau Kembang Kalimantan Selatan


Pulau Kembang adalah sebuah delta di tengah sungai Barito yang termasuk ke dalam wilayah administratif kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, provinsi Kalimantan Selatan. Pulau Kembang terletak di sebelah barat Kota Banjarmasin. Nah..pulau ini dihuni kera ekor panjang alias monyet dan beberapa jenis burung (gak tau burung apa aja xD).

Altar
Di dalam kawasan hutan wisata ini ada altar untuk meletakkan sesaji bagi "penjaga" pulau Kembang yang dilambangkan dengan dua buah arca berwujud kera berwarna putih (Hanoman), oleh masyarakat dari etnis Tionghoa-Indonesia yang mempunyai kaul atau nazar tertentu. Seekor kambing jantan yang tanduknya dilapisi emas biasanya dilepaasin ke dalam hutan pulau Kembang kalo ada permohonan yang terkabul.
 
Bekantan


Kalo beruntung, kita bisa ketemu sama yang namanya Bekantan (monyet ekor panjang berwarna kuning dengan mocong hidung yang panjang). Oh ya, untuk ke pulau Kembang bisa menggunakan perahu. Jaraknya hanya 10 menit dari pasar terapung dan jangan kaget kalo baru sekitar 100 meter dari dermaga pulau, para kera menyambut perahu dengan meriah. Mereka bisa berenang saling balapan diantara kawanan kera hanya untuk mencari makanan yang kita bawa. Jangan heran juga kalo tas yang kita bawa dirogohnya atau tas plastik dirusak mereka disangka ada makanan buat mereka. Awalnya mengerikan, tapi mereka gak galak karena kawanan kera ini sudah terbiasa sama manusia.



Buat yang takut sama kera atau monyet sangat disarankan untuk gak ke sini. Sekian dulu post kali ini, semoga bermanfaat.
jangan terkejut bila sekitar 100 meter menjelang dermaga pulau ini perahu Anda disambut para kera. Mereka bisa berenang saling balapan diantara kawanan kera hanya untuk mencari makanan yang kita bawa. Jangan heran bila tas yang kita bawa dirogohnya atau tas plastik dirusak mereka disangka ada makanan bagi mereka. Awalnya mengerikan, tapi mereka tidak galak karena kawanan kera ini sudah terbiasa dengan manusia. - See more at: http://beritatrans.com/2014/01/26/pulau-kembang-pulaunya-kerajaan-kera-di-banjarmasin/#sthash.3I1Bzpr0.dpuf
ekor panjang berwarna kuning dengan mocong hidung yang panjang - See more at: http://beritatrans.com/2014/01/26/pulau-kembang-pulaunya-kerajaan-kera-di-banjarmasin/#sthash.3I1Bzpr0.dpuf





SUMBER:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Kembang
http://beritatrans.com/2014/01/26/pulau-kembang-pulaunya-kerajaan-kera-di-banjarmasin/



Nama : Imantoko
NIM : 5140411307

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.